Perhatian dan minat merupakan unsur terpenting dalam menimbulkan
motivasi. Dalam mengikuti pelajaran, ada siswa yang memiliki motivasi
belajar tinggi, tetapi ada juga yang bermotivasi rendah. Selama proses belajar
mengajar berlangsung, motivasi belajar siswa juga bias berubah-ubah yang
disebabkan oleh faktor eksternal, seperti kondisi dan cara belajar mengajar
yang menjenuhkan, seram, sulit diiuti tidak menarik dan lain sebagainya.
Ada beberapa cara untuk menimbulkan motivasi belajar pada siswa
antara lain.a. Bersemangat dan antusias
Guru yang kelihatan tidak segar, gerak, lamban, dan suara lirih
serta kurang hangat akan memepengaruhi siswa dalam belajar, karena itu
hendaknya bersikap ramah, antusias dan penuh semangat. Sebab, sikap
yang demikian itu dapat menimbulkan reaksi dalam diri siswa yang
mendorong mereka untuk ikut aktif dan mau terlibat.
b. Menimbulkan rasa ingin tahu
Guru dapat menimbulkan motivasi yang kuat dengan cara
menimbulkan rasa ingin tahu dan keheranan pada diri siswa. Menceritakan
suatu peristiwa actual yang menimbulkan pertanyaan atau menunjukkan
model atau gambar yang merangsang siswa untuk berfikir merupakan
cara-cara yang dapat digunakan. Ini jauh lebih efektif daripada
memberikan ancaman hukuman.
c. Memperhatikan dan memanfaatkan hal-hal yang menjadi perhatian siswa
Membuka pelajaran bias di awali dengan mengungkapkan hal-hal
yang sedang actual danrelevan dengan materi yang akan dipelajari. Guru
dapat mencari apa yang menjadi perhatian siswa? Apakah peristiwa yang
sedang dibicarakan masyarakat? Apakah itu yang menjadi model? Apakah
itu yang lagi menjadi berita hangat? Di sini, guru dituntut jeli, menguasai
persoalan dalam kaitannya dengan materi yang akan diajarkan, serta
mampu merekam situasi yang sedang menarik perhatian siswa. Dan itu berarti guru harus ikut aktif mengikuti perkembangan lewat surat kabar,
TV, internet, majalah dan sebagainya
motivasi. Dalam mengikuti pelajaran, ada siswa yang memiliki motivasi
belajar tinggi, tetapi ada juga yang bermotivasi rendah. Selama proses belajar
mengajar berlangsung, motivasi belajar siswa juga bias berubah-ubah yang
disebabkan oleh faktor eksternal, seperti kondisi dan cara belajar mengajar
yang menjenuhkan, seram, sulit diiuti tidak menarik dan lain sebagainya.
Ada beberapa cara untuk menimbulkan motivasi belajar pada siswa
antara lain.a. Bersemangat dan antusias
Guru yang kelihatan tidak segar, gerak, lamban, dan suara lirih
serta kurang hangat akan memepengaruhi siswa dalam belajar, karena itu
hendaknya bersikap ramah, antusias dan penuh semangat. Sebab, sikap
yang demikian itu dapat menimbulkan reaksi dalam diri siswa yang
mendorong mereka untuk ikut aktif dan mau terlibat.
b. Menimbulkan rasa ingin tahu
Guru dapat menimbulkan motivasi yang kuat dengan cara
menimbulkan rasa ingin tahu dan keheranan pada diri siswa. Menceritakan
suatu peristiwa actual yang menimbulkan pertanyaan atau menunjukkan
model atau gambar yang merangsang siswa untuk berfikir merupakan
cara-cara yang dapat digunakan. Ini jauh lebih efektif daripada
memberikan ancaman hukuman.
c. Memperhatikan dan memanfaatkan hal-hal yang menjadi perhatian siswa
Membuka pelajaran bias di awali dengan mengungkapkan hal-hal
yang sedang actual danrelevan dengan materi yang akan dipelajari. Guru
dapat mencari apa yang menjadi perhatian siswa? Apakah peristiwa yang
sedang dibicarakan masyarakat? Apakah itu yang menjadi model? Apakah
itu yang lagi menjadi berita hangat? Di sini, guru dituntut jeli, menguasai
persoalan dalam kaitannya dengan materi yang akan diajarkan, serta
mampu merekam situasi yang sedang menarik perhatian siswa. Dan itu berarti guru harus ikut aktif mengikuti perkembangan lewat surat kabar,
TV, internet, majalah dan sebagainya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar