Sabtu, 24 Oktober 2009

panduan office excel

Modul Panduan Microsoft Excel
Bina Informasi Dan Teknologi (BIT)
MAN Lhokseumawe
Created By :Susandra
1
PERTEMUAN I
PENGENALAN SHEET
Microsoft Excel merupakan program aplikasi spreadsheet (lembar kerja elektronik).
Fungsi dari Microsoft Excel adalah untuk melakukan operasi perhitungan serta dapat
mempresentasikan data kedalam bentuk tabel.
1. Langkah – langkah dalam memulai Microsoft Excel
 Aktifkan komputer terlebih dahulu
 Klik tombol Start pada taskbar
 Pilih menu All Program, Pilih Microsoft Office
 Kemudian klik Microsoft Excel 2007
Gambar : Tampilan Microsoft Excel 2007
Unsur-unsur utama Layar Microsoft Excel 2007
ı Judul
Judul menampilkan judul program dan dokumen aktif atau nama file dari lembar
kerja
yang aktif.
ı Office Button
Berisi barisan perintah untuk pengoperasian Program yang standar misalnya membuat
dokumen baru, membuka dokumen lama, menyimpan, mencetak dan mempublish
dokumen.
ı Akses Cepat Toolbar (Quick Access Toolbar)
Merupakan sarana yang disediakan Microsoft Excel untuk mempercepat akses
berkomunikasi dengannya misalnya menyimpan, mencetak dan sebagainya
ı Toolbar
Merupakan deretan tool-tool (gambar-gambar) yang mewakili perintah dan
berfungsi
untuk mempermudah dan mengefisienkan pengoperasian program.
Modul Panduan Microsoft Excel
Bina Informasi Dan Teknologi (BIT)
MAN Lhokseumawe
Created By :Susandra
2
ı Help
Bila kita ingin bertanya sesuatu, maka ketik pertanyaan anda pada tempat
tersebut. Ms
Excel akan memberikan alternatif jawaban terhadap pertanyaan yang dimaksud.
ı Lembar Kerja (Workbook)
Baris ini berisikan informasi halaman, section, letak insertion point dan tombol
pengendali.
ı Cell
Cell merupakan
ı Nomor Baris
ı Nomor Kolom
ı Nama Range
ı Fungsi
ı Penggulung vertical dan horisontal
Untuk memudahkan dalam membaca suatu dokumen dengan menggulung layar
vertikal
dan horisontal.
 Column Heading  Berisi tentang petunjuk kolom pada lembar kerja sheet yang
aktif. Jumlah kolom yang tersedia yaitu 256 kolom.
 Sel  Penggabungan antara baris dan kolom pada lembar sheet.
 Range  Penggabungan antar sel / beberapa sel pada lembar sheet.
2. Menginputkan Data Dalam Sel
 Pilih / klik sel tempat data yang akan dimasukkan
 Ketikan data yang akan dimasukkan
 Tekan enter untuk mengakhirinya
 Untuk mengedit data yang telah diketik, tekan F2 atau Double klik di sel yang mau
di edit.
Modul Panduan Microsoft Excel
Bina Informasi Dan Teknologi (BIT)
MAN Lhokseumawe
Created By :Susandra
3
 Untuk menghapus data dalam sel, tekan tombol Delete di keyboard.
3. Memformat Kolom dan Baris
 Merubah ukuran kolom
 Letakkan pointer di pembatas kolom yang ingin dirubah ukurannya, lalu drag
sesuai dengan ukuran yang di inginkan.
 Jika ingin merubah ukuran kolom lebih dari satu kolom, maka blok kolom yang
ingin dirubah kolomnya menggunakan mouse atau menggunakan tombol
keyboard.
Kemudian klik tab Home dan klik icon Format  Column Width  Isi lebar
kolom dan tekan Ok
 Merubah Ukuran Baris
 Letakkan pointer di pembatas baris yang ingin dirubah ukurannya, lalu drag
sesuai dengan ukuran yang di inginkan
Modul Panduan Microsoft Excel
Bina Informasi Dan Teknologi (BIT)
MAN Lhokseumawe
Created By :Susandra
4
 Jika ingin merubah ukuran baris lebih dari satu baris, maka blok baris yang
ingin dirubah menggunakan mouse atau menggunakan tombol keyboard.
Kemudian klik tab Home dan klik icon Format  RowHeight  Isi lebar Baris
dan tekan Ok
4. SHEET (Lembar Kerja)
 Menambah sheet baru
 Klik di Icon New atau tekan CTRL + N

 Mengganti nama sheet
 Klik kanan di sheet yang ingin diganti namanya
 Pilih Rename
 Menghapus sheet
 Klik kanan di sheet yang ingin dihapus
 Pilih Delete
Sheet baru
Modul Panduan Microsoft Excel
Bina Informasi Dan Teknologi (BIT)
MAN Lhokseumawe
Created By :Susandra
5
5. FILE
 Menyimpan File
 Klik Menu File  Save / Save as
1 2 3
 Membuka File
 Klik Menu File  Open  Tentukan directory  Pilih salah satu file
1
2
3
Ganti Directory Ketik Nama File Klik Save /Simpan
Ganti
Directory
Cari Nama
File
Klik Open
Modul Panduan Microsoft Excel
Bina Informasi Dan Teknologi (BIT)
MAN Lhokseumawe
Created By :Susandra
6
LATIHAN 1 :
☺ Buatlah di dalam sheet 1 Kolom B2
☺ Buatlah di dalam sheet 1 Kolom G2
Gantikan nama Sheet 1 dengan Latihan 1
· Simpanlah dalam folder Data Ekstrakurikuler, sesuai dengan kelompok masingmasing
dengan nama LATIHAN EXCEL
· Buka kembali file Latihan-1 yang telah tersimpan
Modul Panduan Microsoft Excel
Bina Informasi Dan Teknologi (BIT)
MAN Lhokseumawe
Created By :Susandra
7
PERTEMUAN II
MEMFORMAT CELLS
1. Mengcopy dan Memindahkan Isi Sel
 Mengcopy Sel
 Blok sel yang ingin di-Copy
 Pilih menu Edit – Copy (Ctrl + C)
 Pilih sel untuk menempatkan hasil copy-an
 Pilih menu Edit – Paste (Ctrl + V) untuk mengeluarkan isi copy-an
 Memindahkan Sel
 Blok sel yang ingin dipindahkan
 Pilih menu Edit – Cut (Ctrl + X)
 Pilih sel yang baru untuk meletakkan hasil pindahan
 Pilih menu Edit – Paste (Ctrl + V)
2. Membuat Nomor & Bulan Berurut
 Ketik angka atau bulan pertama pada sel yang diinginkan
 Ketik angka atau bulan kedua pada sel selanjutnya (berurutan)
 Blok kedua sel tersebut secara berurutan
 Letakkan pointer pada sudut kanan bawah hingga keluar tanda tambah
3. Menggabungkan Sel
 Blok sel yang ingin digabungkan
 Pilih menu Format – Cells
 Klik Alignment
 Tandai / klik Merge Cells – Ok
Atau
 Blok sel yang ingin digabungkan secara berurutan
 Klik icon
4. Mengetengahkan Teks
 Klik tab Home
 Klik di tanda panah icon Alignment
 Klik Alignment
 Pada Horizontal pilih Center
 Pada Vertical pilih Center
 Klik Ok
5. Mengatur Tata Letak Teks
 Klik sel dimana terdapat teks yang ingin diatur tata letaknya
 Klik Alignment
 Pada Orientation aturlah tata letak dan derajat kemiringan teks
Modul Panduan Microsoft Excel
Bina Informasi Dan Teknologi (BIT)
MAN Lhokseumawe
Created By :Susandra
8
 Klik Ok
6. Membuat Garis Tabel
 Blok seluruh sel yang ingin diberi garis tabel
 Klik Alignment
 Klik Border
 Pilih garis tabel yang ingin Anda masukkan
 Ok
7. Membuat Simbol Mata Uang
 Blok semua angka yang ingin diberi simbul mata uang
 Klik Alignment
 Pilih Number
 Klik Accounting
 Pilih mata uang di Symbol
 Isikan angka 0 (nol) pada Decimal Places
 Klik Ok
8. Membuat Nama Satuan Pada Penulisan Angka
 Blok semua sel yang berisi angka
 Klik Alignment
 Klik Number – Custom
 Pada Type tuliskan 0 “unit”
(untuk nama satuan unit)
 Klik Ok
Modul Panduan Microsoft Excel
Bina Informasi Dan Teknologi (BIT)
MAN Lhokseumawe
Created By :Susandra
9
LATIHAN 2 :
Modul Panduan Microsoft Excel
Bina Informasi Dan Teknologi (BIT)
MAN Lhokseumawe
Created By :Susandra
10
Note :
Setiap penulisan rumus selalu diawali dengan
tanda sama dengan ( = ), dan setelah siap
memasukkan rumus harus menekan Enter
PERTEMUAN III
FUNGSI PERHITUNGAN
1. Operator Matematika
Operator matematika yang digunakan adalah :
Contoh Penulisan :
2. Fungsi Sum(.......)
Fungsi Sum digunakan untuk melakukan penjumlahan sekumpulan data pada suatu
range. Bentuk penulisannya : = SUM(number1, number2, ……)
Contoh : = SUM(4,8,9) ® Tekan Enter
3. Fungsi Product(…….)
Fungsi Product digunakan untuk melakukan perkalian sekumpulan data pada suatu
range. Bentuk penulisannya : =PRODUCT(number1, number2,….)
Contoh : =PRODUCT(4,5,2) ® Tekan Enter
4. Fungsi Max(.......)
Fungsi Max digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data (range).
Bentuk penulisannya adalah : =MAX(number1,number2,……)
Contoh : =MAX(14,25,21) ® Tekan Enter
= 500 + 350 (lalu tekan enter)
= 256 – 128
= 64 * 2
=512 / 4
=8^3
=5%
Modul Panduan Microsoft Excel
Bina Informasi Dan Teknologi (BIT)
MAN Lhokseumawe
Created By :Susandra
11
5. Fungsi Min(.......)
Fungsi Min digunakan untuk mencari nilai terendah dari sekumpulan data (range).
Bentuk penulisannya adalah : =MIN(number1, number2,……)
Contoh : =MIN(40,5,2) ® Tekan Enter
6. Fungsi Count(……)
Fungsi Count digunakan untuk menghitung jumlah data dari suatu range yang dipilih.
Bentuk penulisannya adalah : =COUNT(value1, value2,…..)
Contoh : =COUNT(2,2,2,2,2,2,2) ® Tekan Enter
7. Fungsi Round(.......)
Fungsi Round digunakan untuk membulatkan bilangan ke digit tertentu. Bentuk
penulisannya adalah : =ROUND(number,num_digits)
Contoh : =ROUND(123.4567,1) ® Tekan Enter
8. Fungsi Sqrt(…….)
Fungsi Sqrt digunakan untuk menghasilkan suatu nilai akar kwadrat dari suatu bilangan.
Bentuk penulisannya adalah : =SQRT(number)
Contoh : =SQRT(9) ® Tekan Enter
9. Fungsi Power(……)
Fungsi Power digunakan untuk menghasilkan suatu bilangan yang dipangkatkan.
Bentuk penulisannya adalah : = Power(number,power)
Contoh : =POWER(6,2) ® Tekan Enter
10. Fungsi Sumsq(…….)
Fungsi Sumsq digunakan untuk mempangkatduakan angka dalam argument dan
memberikan jumlah dari pemangkatan. Bentuk penulisannya adalah :
=SUMSQ(number1,number2,…)
Contoh : =SUMSQ(3,4) 32 + 42 = 9 + 16 = 25
11. Fungsi Average(……)
Fungsi Average digunakan untuk menghitung nilai-nilai rata-rata. Bentuk penulisannya
adalah : =AVERAGE(number1, number2,…)
Contoh : =AVERAGE(10,5) ® Tekan Enter
Modul Panduan Microsoft Excel
Bina Informasi Dan Teknologi (BIT)
MAN Lhokseumawe
Created By :Susandra
12
LATIHAN 3:
TABEL HARGA BARANG WARUNG ”SMART”
Modul Panduan Microsoft Excel
Bina Informasi Dan Teknologi (BIT)
MAN Lhokseumawe
Created By :Susandra
13
PERTEMUAN IV
FORMAT KARAKTER
1. LEFT (Mengambil Karakter Kiri)
Left ini digunakan untuk mengambil karakter pada bagian sebelah kiri dari suatu
teks. Bentuk umum penulisannya adalah =LEFT(text,num_chars).
Contoh : LEMBAGA ® =LEFT(E20,3) ® Hasilnya : LEM
Sel teks Karakter yang diambil
2. MID (Mengambil Karakter Tengah)
Mid ini digunakan untuk mengambil karakter pada bagian tengah dari suatu teks.
Bentuk penulisannya adalah : =MID(text,start_num,num_chars)
Contoh : LEMBAGA ® =MID(E20,2,3) ® Hasilnya : EMB
Sel teks Mulai pengambilan karakter
Karakter yang diambil
3. RIGHT (Mengambil Karakter Kanan)
Right ini digunakan untuk mengambil karakter pada bagian sebelah kanan dari
suatu teks. Bentuk penulisannya adalah : =RIGHT(text,num_chars)
Contoh : LEMBAGA ® =RIGHT(E20,4) ® Hasilnya : BAGA
Sel teks
Modul Panduan Microsoft Excel
Bina Informasi Dan Teknologi (BIT)
MAN Lhokseumawe
Created By :Susandra
14
Karakter yang diambil
4. DATA SORT (Mengurutkan Data)
Langkah mengurutkan suatu data adalah :
 Blok seluruh data yang ingin diurutkan
 Pilih tab Data – klik icon Sort ,
 Klik AZ untuk pengurutan Ascending (diurutkan berdasarkan dari kecil ke yang
besar)
 Klik ZA untuk pengurutan Descending (diurutkan berdasarkan dari besar ke yang
kecil)
 Ok
5. DATA FILTER (Menyaring Data)
Langkah menyaring suatu data adalah :
 Blok seluruh data dalam tabel
 Pilih tab Data –Klik icon Filter
 Untuk menghilangkan tanda klik kembali icon Filter
LATIHAN 4 :
1. Lakukan fungsi Mid, Left, Right.
Modul Panduan Microsoft Excel
Bina Informasi Dan Teknologi (BIT)
MAN Lhokseumawe
Created By :Susandra
15
2. Urutkan gaji dari yang terendah sampai yang tertinggi serta saring data alamat yang
berasal dari Panggoi.
PERTEMUAN V
FUNGSI LOGIKA
Fungsi logika atau bersyarat memungkinkan kita menguji persyaratan dalam sel.
Fungsi bersyarat ini adalah suatu kondisi atau =IF yang hasilnya bergantung pada benar
atau salahnya pengujian. Fungsi Logika memerlukan operator perbandingan yaitu :
= (sama dengan)
< (lebih kecil dari)
> (lebih besar dari)
<= (lebih kecil sama dengan)
>= (lebih besar sama dengan)
<> (tidak sama dengan)
☺ IF(logical_test,value_if_true,value_if_false)
Untuk memilih di antara dua nilai berdasarkan dua kondisi yaitu kondisi benar atau
kondisi salah.
☺ Fungsi If Tunggal
Contoh 1 : =IF(A2>50,”Naik Kelas”,”Tinggal Kelas”)
Modul Panduan Microsoft Excel
Bina Informasi Dan Teknologi (BIT)
MAN Lhokseumawe
Created By :Susandra
16
Artinya jika nilai sel A2 lebih besar dari 50, maka dinyatakan “Naik Kelas”,
sebaliknya jika nilai sel A2 kurang dari 50 maka dinyatakan “Tinggal Kelas”.
Contoh 2 : =IF(A2=”B”,”Baik”,”Buruk”)
Artinya jika nilai sel A2 berinisial B, maka bersikap “BAIK”. Namun sebaliknya bila
bukan B, maka bersikap “BURUK”.
☺ Fungsi If Majemuk
Contoh :
=IF(C4=”A”,”ISTIMEWA”,IF(C4=”B”,”BAIK”,IF(C4=”C”,”CUKUP”,”KURANG”)))
Artinya jika pada sel C4 nilainya A maka hasilnya “ISTIMEWA”, jika pada sel C4
nilainya B maka hasilnya “BAIK”, jika pada sel C4 nilainya C maka hasilnya
“CUKUP”, atau selain kondisi diatas maka akan menghasilkan nilai “KURANG”..
Modul Panduan Microsoft Excel
Bina Informasi Dan Teknologi (BIT)
MAN Lhokseumawe
Created By :Susandra
17
LATIHAN 5 :
Ketentuan :
1. Jenis Kelamin : @ Jika P maka jenis kelaminnya Pria
@ Jika W maka jenis kelaminnya Wanita
2. Pekerjaan Ortu : @ Jika Kodenya PN maka pekerjaan ortunya Pegawai Negeri
Modul Panduan Microsoft Excel
Bina Informasi Dan Teknologi (BIT)
MAN Lhokseumawe
Created By :Susandra
18
@ Jika Kodenya WR maka pekerjaan ortunya Wiraswasta
@ Jika Kodenya PS maka pekerjaan ortunya Pegawai Swasta
@ Jika Kodenya BR maka pekerjaan ortunya Buruh
3. Keterangan : @ Jika nilainya > 50 maka keterangannya Lulus
@ Jika nilainya < 50 maka keterangan Gagal
PERTEMUAN VI
MEMBUAT GRAFIK
Grafik (Chart) biasanya sering digunakan untuk mengetahui suatu kenaikan atau
penurunan dari angka-angka yang terjadi pada suatu data, apakah data tersebut semakin
lama semakin meningkat atau semakin menurun.
1. Grafik Column / Batang
Adapun contoh grafik column yang akan kita pelajari adalah seperti yang tertera
dibawah ini. Sebelum membuat suatu grafik, terlebih dahulu harus membuat sebuah tabel.
# Langkah - langkah dalam membuat grafik column adalah :
1) Terlebih dahulu blok isi data didalam tabel yang ingin dibuat grafik
Memblock isi
data seluruh
tabel
Modul Panduan Microsoft Excel
Bina Informasi Dan Teknologi (BIT)
MAN Lhokseumawe
Created By :Susandra
19
2) Klik tab Insert pilih bentuk grafik yang anda inginkan.
3) Pada tab Design, klik pada icon bentuk layout grafik yang diinginkan.
4) Tentukan judul presentasi dengan mengklik bentuk layout yang diharapkan
2. Grafik Pie/Lingkaran/Pizza
Grafik Pie agak sedikit berbeda dengan grafik column. Sebuah Grafik Column bisa
membuat banyak macam item/karakter benda serta dalam jangka waktu yang lama atau
dengan kata lain jangka waktu yang panjang (misal : dalam beberapa tahun atau beberapa
bulan).
Sedangkan Grafik Pie hanya bisa untuk satu jenis item/karakter benda dalam
beberapa jangka waktu yang panjang. Atau sebaliknya, yaitu dalam beberapa macam
item/karakter benda dalam satu jangka waktu. Hal ini juga terdapat pada beberapa jenis
grafik yang lain.
# Langkah - langkah dalam membuat grafik pie/ pizza lingkaran adalah :
1) Cara 1 & 2 sama dengan cara pembuatan Grafik Column diatas tadi
Memblock isi data seluruh
tabel pada grafik pie
Modul Panduan Microsoft Excel
Bina Informasi Dan Teknologi (BIT)
MAN Lhokseumawe
Created By :Susandra
20
2) Maka hasil grafik pie/lingkaran yang telah kita buat akan tampak seperti gambar
dibawah ini
PERTEMUAN VII
FUNGSI LOOKUP
1. VLOOKUP
Fungsi Vlookup ini digunakan untuk membaca tabel secara vertical (tegak). Bentuk
penulisannya adalah :
=VLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,[range_lookup])
Contoh Vlookup :
Tabel Perbandingan
Modul Panduan Microsoft Excel
Bina Informasi Dan Teknologi (BIT)
MAN Lhokseumawe
Created By :Susandra
21
Sel kode Kolom
Data tabel perbandingan
 Untuk mencari kolom lulusan, maka ketik rumus =Vlookup(C3,$G$6:$I$9,2)
Dimana C3 (kolom C baris 3) merupakan Sel Kode di dalam Tabel Gaji Karyawan,
kemudian data yang ada dalam Tabel Perbandingan harus diblok/ditandai, agar data
dapat terbaca di dalam Tabel Gaji Karyawan. Untuk memunculkan simbol dollar
ketika data diblok, tekan F4 di keyboard. Di ujung rumus ketik letak kolom lulusan
(kolom 2).
 Untuk mencari kolom gaji ketik rumus =Vlookup(C3,$G$6:$I$9,3), maka caranya
sama seperti diatas. Namun yang berbeda adalah diujung rumus, ketik letak kolom
gaji (kolom 3).
2. HLOOKUP
Fungsi Hlookup ini digunakan untuk membaca tabel secara horizontal (mendatar).
Bentuk penulisannya adalah :
=HLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,[range_lookup])
Contoh Hlookup :
Modul Panduan Microsoft Excel
Bina Informasi Dan Teknologi (BIT)
MAN Lhokseumawe
Created By :Susandra
22
 Untuk mencari kolom lulusan, maka ketik rumus =Vlookup(C3,$G$6:$I$9,2)
Dimana C3 (kolom C baris 3) merupakan Sel Kode di dalam Tabel Gaji Karyawan,
kemudian data yang ada dalam Tabel Perbandingan harus diblok/ditandai, agar data
dapat terbaca di dalam Tabel Gaji Karyawan. Untuk memunculkan simbol dollar
ketika data diblok, tekan F4 di keyboard. Di ujung rumus ketik letak kolom lulusan
(kolom 2).
 Untuk mencari kolom gaji ketik rumus =Vlookup(C3,$G$6:$I$9,3), maka caranya
sama seperti diatas. Namun yang berbeda adalah diujung rumus, ketik letak kolom
gaji (kolom 3).
Latihan 7 :
Modul Panduan Microsoft Excel
Bina Informasi Dan Teknologi (BIT)
MAN Lhokseumawe
Created By :Susandra
23
Ketentuan :
☺ Isi Nama Ruang dan Nama Pengawas dengan menggunakan tabel Vlookup
☺ Isi Nilai Ujian dengan menggunakan tabel Hlookup

Tidak ada komentar:

Posting Komentar