Senin, 11 April 2011

jagung susu dari malaysia


JAGUNG SUSU DARI  MALAYSIA


Suripno (39), pekerja kebun jagung (09/04) sabtu pagi.

TANJUNGPINANG (KP) : Jagung termasuk makanan pokok khas Indonesia. Jagung mengandung nilai karbohidrat yang cukup tinggi. Sedang jagung dapat diolah menjadi beragam makanan, mulai dari tepung dan banyak lagi. Sedangkan untuk untuk kategori jenisnya, jagung terbagi atas dua jenis. Pertama, jagung manis dan kedua, jagung susu.
Jagung manis ialah jagung yang seperti biasanya banyak kita jumpai, sedangkan jagung susu agak terkadang agak sulit untuk ditemui. Masyarakat Tanjungpinang dapat menemui perkebunan jagung susu ini di KM 12 gesek dekat wihara budha. Disana terdapat sekitar 3 hektar tanaman jagung. Seperti yang dikatakan  Suripno (39), pekerja yang sudah 3 tahun bekerja diperkebunan jagung ini.
“jagung susu lebih bagus dari pada jagung manis biasa. Jagung susu mempunyai rasa yang lebih wangi dari serta massa panen yang lebih cepat dari pada jagung manis biasa. Untuk jagung manis biasanya membutuhkan waktu 2 bulan setengah untuk sekali panen, sedangkan jagung susu hanya 2 bulan saja” jelas Suripno ketika ditanyai KP (09/04) sabtu pagi.
Tanaman jagung susu (099/04) sabtu pagi.
Pekerja kebun ini mengatakan bibit jagung susu ini dipesan dari Malaysia dengan harga Rp 2.500,00 per-KGnya. Sedangkan pupuk yang dipakai untuk perawatan tanaman jagung ini, pupuk super grand dan urea, dengan penyiraman 2 kali sehari menggunakan kincir air yang disambungkan dengan selang permanent. (M4/Daf)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar