Senin, 18 April 2011

LELE LAHIRKAN OMSET JUTAAN (14/04/11)


LELE LAHIRKAN OMSET  JUTAAN (14/04/11)

TANJUNGPINANG (KP) : Lele telah menjadi pangan faforit bagi bagi masyarakat Tanjungpinang. Siapa yang tidak kenal dengan Lele ? ikan yang hamper mirip dengan ikan sembilang, dengan habitat air tawar berlumpur dan janggut dimulutnya. Selain yang kita tahu lele memiliki rasa yang enak, lele juga dijadikan sumber penghasilan para peternak ikan air tawar.

Seperti yang dikatakan Kevin (19) dan Siam (19) selaku pekerja di ternak lele jalan senggarang ini. Kevin mengatakan bahwa harga jual lele Rp 15.000,00 /Kgnya. Sedangkan hasil panen per 3 bulannya bisa mencapai 4 ton. Bayangkan saja berapa besar omset yang didapat dari  ternak lele tersebut.

            “Bibit ikan ini kami datangkan dari Pekanbaru”, jelas pria dari Bengkalis ini. “Jenis bibit ini adalah lele biasa, karena lele biasa lebih gurih dari pada lele jumbo walupun berbanding ukurannya”, papar Kevin. Para pekerja ternak lele tersebut mengatakan bahwa pada tiap kerambanya berisi 1500 ekor lele dan ternak lele ini memiliki 7 kolam. Untuk makanannya menggunakan pellet 781, dan perbulannya ikan lele dapat menghabiskan 30 karung ukuran 40 Kg. setiap panen, lele-lele ini akan dipasarkan di pasar pinang. Kadang juga sudah ada pemesan yang langsung datang ke peternakan lele ini. (M4/daf)
           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar