Rabu, 06 April 2011

proses pembuatan tahu


TAHU MAKAN, TAHU JUGA CARA BIKINNYA

Proses pengeringan tahu(kiri), tempe gembus (kanan)06/04/2011) rabu siang.
Siapa sih yang tidak kenal dengan tahu? Tahu merupakan makanan pokok yang terbuat dari bahan dasar kedelai serta mengandung kadar protein yang tinggi. Tahu juga termasuk makanan khas Indonesia. Tapi bagaimana cara pembuatan tahu itu? Pastinya tidak semua orang tau.
Salah satu proses pemasakan tahu(6/04/2011) rabu siang.

Cara pembuatan tahu, pertama kacang kedelai direndam selama 3-4 jam, setelah itu ditiriskan kemudian digiling. Hasil gilingan kedelai tahu tersebut direbus/ dimasak sampai mendidih. Selanjutnya disaring untuk memisahkan ampas tahu dan sarinya. Sari tahunya dicampur dengan air asam sampai mengendap, setelah itu air endapan tahu dibuang dan endapan tahu dicetak selanjutnya dipres sekitar 10-15 menit. Setelah itu cetakan tahu tadi diangkat dan dipindahkan ke papan utntuk didinginkan sampai pagi.  Dan pada pagi hari baru dilakukan proses pemotongan”, jelas Anwar selaku pemilik dan pekerja pabrik tahu di jalan Abadi KM 8 atas saat ditanyai KP.
Tampak Anwar melakukan proses pengepressan tahu(6/04/2011) rabu siang.

Namu tidak hanya tahu saja yang dihasilkan dari proses pembuatan tahu ini, melainkan ampas tahu tersebut dapat dijadikan tempe gembus. Dengan cara, ampas tahu tersebut dipres terlebih dahulu sampai kandungan airnya hilang, kemudian diayak agar terurai sampai halus. Setelah proses pengayakan itu, ampas tahu tadi dikukus selama 1  ½ jam dan diangkat untuk didinginkan. Setelah kukusan ampas tahu tadi dingin maka selanjutnya dicampur ragi. Setelah itu dibungkus dengan plastic yang telas dilubangi. kemudian disusun dalam rak dan diselimuti dengan kain untuk disimpan selama 2 hari, hal ini dilakukan agar menjaga suhu dalam pembuatan tempe gembus tersebut.
Mesin penggiling kedelai(06/04/2011) rabu siang.
Anwar mengatakan modal perhari yang dikeluarkan untuk proses pembuatan tahu ini untuk kacang kedelai sebanyak 1 kampet sebesar Rp 260.000,00. Sedangkan hasil perhari ditentukan oleh banyak pelanggan, aliass tergantung musiman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar