Senin, 18 April 2011

SAMPAH HASILKAN OMSET BERLIMPAH (18/04/11)


SAMPAH HASILKAN OMSET BERLIMPAH (18/04/11)




TANJUNGPINANG (KP) : Sampah yang kita kenal sebagai barang buangan dan tidak berharga ternyata menyimpan berbagai asset yang dapat dimanfaatkan serta jadi sumber pendapatan. Seperti yang dilakukan oleh suatu home industri yang bernama Anggrek Kreasi. Angrek Kreasi yang beralamat di jalan anggrek merah Gg Lembayung Km 5 ini, membuat beragam kerajinan tangan seperti tas, payung, kotak pensil dll dengan plastic/ kemasan-kemasan sabun cuci bekas sebagai bahan dasarnya.
Dian (28) selaku pemilik Anggrek Kreasi mengatakan, “ sebelumnyya ia mendapatkan bimbingan dari UMKN Kota Tanjungpinang, yang kemudian ia kembangkan”.  “Cara membuatnya; pertama siapkan bahan-bahan berupa plastic/ kemasan bekas yang kemudian dibersihkan terlebih dahulu. Setelah itu potong plasstik bekas kemasan tadi sesuai dengan bentuk yang kita inginkan, lalu dipanel (dirangkai) dengan proses penjahitan hingga menjadi sebuah bentuk yang diharapkan”, jelas Dian ketika ditanyai KP di tempat.


Untuk harga, hasil kerajinan tangan ini dijual dengan Rp 15.000,00- Rp 65.000,00 per-unitnya. “Apabila pelanggang memesan barang banyak, maka akan mendapatkan potongan harga “, papar Wanita 28 tahun ini. Sedangkan pemasarannya, barang kerajinan ini dipasarkan di lingkungan pemerintah. Pembeli pun dapat langsung mengunjungi ke tempat pembuatannya sendiri.
Dewi mengatakan omset per-bulan yang didapat sekitar Rp 3.000.000,00 juta ke atas. Sedangkan perhari, pendapatan tergantung banyak sedikitnya pemesanan. Untuk bahan, dewi membeli dari tengkulak sampah yang dikumpulkan dari pemulung dengan harga Rp 5.000,00 /kg dalam keadaan bersih, Rp 3.000,00 /kg dalam keadaan kotor”. (M4/daf)



2 komentar:

  1. Kak, foto kedua (gambar orang menjahit) masuk ke buku SBI IPS aku, lho. Aku menuju sumber foto itu yang tertulis, kemudian aku menemukan fotonya. Selamat, ya. Oh iya, aku masih kelas 4

    BalasHapus
  2. wah maaf ya baru sempat bls nih, kak gi sibuk skripsi n ngajar kmaren...xlo boleh, apa adek ada contoh foto bukunya? kak mau lihat soalnya. sblumnya mksh infonya

    BalasHapus